Thursday, December 10, 2009

Mug Kopi + Riset = Mempertahankan suhu

Beginilah jadinya jika mug atau cangkir kopi mendapat sentuhan teknologi. Para peneliti di Fraunhofer Institute, Jerman, mengembangkan sebuah cangkir yang sempurna untuk para penggemar kopi. Sebenarnya cangkir ini bisa juga digunakan untuk minuman lain seperti teh. Ya.. bergantung selera korang....haahhaa..

mengapa cangkir ini disebut sempurna?? Inilah jawabannya. Cangkir ini mampu mempertahankan panas suatu cairan yang berada didalamnya pada suhu yang optimum, yakni 58 derajat celcius. Kemampuan menahan panas ini bertahan hingga 20-30 menit. Ya, cukuplah untuk memberi waktu kepada anda meminum kopi sambil mlepak....


Cangkir ini dibentuk dari lembaran labia almunium yang berputar dan dilapisi dengan keramik pada bagian luarnya. Ruang diantara labia almunium tersebut diisi dengan PCM (Phase Changing Material – sebuah material yang dapat berubah wujud). Material PCM inilah yang bertugas mempertahankan suhu cairan yang berada pada cangkir.

PCM ini akan berubah wujud menjadi cair jika menyerap panas (seperti gel rambut yang mencair jika dipanaskn). Tentunya saat kopi pertama kali dituang suhunya masih sangat panas, bukan? nah, kelebihan panas inilah yang diserap oleh si PCM. Setelah kopi yang dimasukkan ke cangkir mulai mendingin, material PCM akan kembali berubah wujud menjadi solid dan perlahan akan melepaskan panas yang tadi diserapnya.

Bagusnya lagi, PCM ini tidak mmberikan energy tambahan (misal dari listrik) untuk menjaga panasnya. Energinya diperoleh dari pengembilan dan pelepasan panas yang ia lakukan.

No comments: